cek in

Rabu, 30 April 2014

MANAGEMEN PENGELOLAAN MINYAK BUMI BY. MYLIFE NT

MANAGEMEN STRATEGI PENGOLAH MINYAK



BAB I
PENDAHULUAN
Pada saat ini pasar merupakan sasaran utama untuk diciptakan, direbut, dan dikuasai. Menciptakan, merebut dan menguasai pasar adalah merupakan suatu pekerjaan yang rumit, karena menyangkut kwalitas dan harga produk/jasa, disamping pendapatan dan kebutuhan konsumen serta dalam persaingan bebas selalu mengalami perubahan baik dalam jenis dan kwalitas produk maupun harga hal tersebut dikarenakan adanya perubahan pendapatan selera, keinginan dan kebutuhan masyarakat.
Perubahan pasar juga dipengaruhi dan ditentukan oleh adanya perubahan produsen yang bebas keluar masuk pasar. Perubahan tekhnologi produksi yang mempengaruhi dan menentukan perubahan pasar persaingan bebas, saat ini tekhnologi produksi berkembang pesat sehingga jenis, kwalitas dan biaya produksi mengikuti tekhnologi tersebut. Maka untuk itu diperlukan pelayanan yang memuaskan kepada konsumen.
















BAB II
RUMUSAN MASALAH
Keberhasilan dari Badan Usaha dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan, tidak terlepas dari kemampuan pimpinan dalam menggerakkan bawahan untuk dapat bekerja sama dalam melakukan pekerjaan yang ditugaskan.
Mengingat didalam suatu Badan Usaha keberadaan anggota sangat menunjang keberhasilan Badan Usaha tersebut, maka pimpinan dituntut untuk mengembangakan organisasinya, agar menjadi Badan Usaha yang lebih efektif dan efisien, dan bawahan mampu melaksanakan peranannya sehingga dapat melayani dengan baik. 




















BAB III
MANFAAT PENELITIAN

-Sebagai bahan informasi dan analisa bagi suatu penelitian yang berkelanjutan baik dalam aspek yang sama ataupun aspek yang berlainan, serta untuk kepentingan ilmiah.
-Sebagai bahan pengetahuan dan menambah wawasan bagi penulis terutama yang berhubungan dengan strategi manajemen.






















BAB IV
1.       KONSEP TEORITIS

Untuk itu organisasi (perusahaan) harus melakukan perubahan dan pengembangan guna menyesuaikan diri dengan keadaan disekitar organisasi tersebut".
Sedangkan untuk pengembangan dan perubahan organisasi yang ada hanya mungkin dilakukan dengan cara seiring dari keempat unsur yang harus dirobah dan dikembangkan, Keempat unsur tersebut adalah :
1. Unsur Tekhnological System
2. Unsur Managerial System
3. Unsur Human System
4. Unsur Organization System.
Keempat unsur tersebut harus dilakukan secara serentak, apabila suatu orgnisasi (perusahaan) hanya melakukan perubahan dan pengembangan dalam suatu sistem teknologi yang dipergunakan tetapi tidak melakukan perubahan dan pengembangan dari human system, maka semaju apapun teknologi yang digunakan tidak akan ada artinya. Karena manusia yang ada didalam organisasi tersebut tidak mampu menggunakan teknologinya.
Dengan pengembangan sumber daya manusia strategi perusahaan akan dapat dikembangkan antara lain dengan :
1. Strategi penelitian
2. Strategi Stabilitas
3. Strategi Perluasan
4. Strategi Kombinasi
Dari keempat strategi tersebut PT. PERTAMINA dengan memperhatikan kondisi internal dan eksternal perusahaan ditambah dengan kemandirian usaha Jasa sebagai salah satu usaha yang profit centre adalah melaksanakan strategi perluasan atau strategi aliansi (kombinasi/mitra usaha). Strategi kombinasi atau aliansi dapat dilakukan dengan mengacu analisa SWOT.
S = Strengths (kekuatan)
W = Weaknesses (kelemahan)
O = Opportunity (kesempatan)
T = Threat (ancaman)

            Jadi dalam merencanakan strategi yang akan dijalankan perusahaan harus diperhitungkan dan dianalisa apa-apa yang menjadi kekuatan kita, kelemahan, kesempatan apa yang dapat diraih serta ancaman yang mungkin akan terjadi. 

Namun menurutnya ada empat konsep teknik dan strategi yang lumrah dilalui yang penjabarannya mencapai dua belas konsep, keempat konsep strategi itu antara lain :

1.      Bottom Up Planning (perencanaan dari bawah), Yaitu : Pendekatan kepercayaan strategis dengan memberikan tanggung jawab individu lapisan bawah hierarki organisasi untuk merumuskan rencana strategis. Maksud perencanaan dari bawah agar manager yang paling mengetahui bisnis dan akan dibebani tugas dan pelaksaannya, ikut merumuskan rencana itu.

2.      Business Plan (rencana bisnis), yaitu rencana strategis untuk unit bisnis, biasanya rencana seperti itu diturunkan dari strategi kompetitif untuk unit bisnis itu dan merinci taktik, alokasi sumber, dan proyek untuk melaksanakan strategi itu.

3.      Business Unit (unit usaha), yaitu suatu dasar unit usaha untuk mengembangkan strategi kompetitif. Suatu unit merupakan unit usaha hierarki perencanaan yang dapat berhubungan maupun tidak dapat berhubungan dengan unit usaha lain dalam hierarki organisasi.

4.      Business Profiling (perencanaan profil bisnis), yaitu suatu proses pengumpulan data tentang bisnis, susunan industri dari saingannya, mencari profil bisnis yang merupakan proses berkesinambungan dengan mana perusahaan menambah informasinya tentang bisnis dan usahanya setiap tahun.

Untuk itu dalam pengembangan usaha perlu dilaksanakan oleh manager suatu perusahaan, agar perencanaan dapat dilaksanakan dengan baik dan tujuan perusahaan dapat tercapai. diperlukan kemampuan manager untuk dapat memberikan motivasi kepada karyawan, sehingga karyawan dapat melaksanakan tugas terutama pelayanan yang baik pada setiap konsumen.





2.      PENETAPAN HARGA
            Sebelum menentukan harga maka harus dilihat pertimbangan atas tujuan penetapan harga itu sendiri. Tujuan perusahaan menetapkan harga.
1.      Surviva
Merupakan usaha utnutk tidak melaksanakan tindakan tindakan untuk meningkatkan keuntungan ketika perusahaan dalam kondisi pasar yang kurang menguntungkan.
2.      Profit maximization
Penetapan harga bertujuan untuk memaksimumkan keuntungan dalam periode tertentu.
3.      Sales maximization
Pada harga awal seringkali ditetapkan rendah (merugikan) karena bertujuan untuk membangun pangsa pasar.
4.      Prestige
Tujuan menetapkan harga disini adalah untuk memposisikan jasa perusahaan sebagai jasa yang mempunyai citra tinggi (eksklusif).

3.      KONSEP OPERASIONAL
Untuk mencapai kenyataan dalam rangka pengujian kebenaran penelitian, maka sejumlah konsep yang masih bersifat abstrak perlu dioperasionalkan lebih lanjut supaya benar-benar menyentuh pada fenomena yang kongkrit mengenai gejala-gejala yang diamati, konsep tersebut adalah Pelaksanaan strategi manajemen.
Pelaksanaan strategi manajemen dalam penelitian ini adalah melaksanakan atau mempraktekkan serangkaian keputusan dan tindakan yang dibuat oleh manajemen puncak dan dimplementasikan oleh seluruh karyawan dalam rangka pencapaian tujuan, melaksanakan strategi perluasan/kombinasi yang tepat dan mengarah ke pola yang lebih baik bagi perusahaan maupun bagi lingkungan sekitarnya dari seluruh karyawan dalam menjalankan tugas perusahaan dibidang usahanya untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. 






4.      LAPORAN LABA RUGI
            Laba rugi menunjukan penghasilan, biaya/beban, dan pendapatan perbedaan antara penghasilan dan biaya / beban sebuah perusahaan untuk suatu periode. Perusahaan harus menyiapkan laporan laba rugi utnutk tahun fiskalnya dan periode interimnya. Selama beberapa tahun penekananya adalah pada laporan laba rugi. Marjin yang aman adalah untuk pendapatan pastipemegang saham disediakan oleh neraca perusahaan. Nilai bisnis memperlihatkan jumlah yang didapat atas investasi dan neraca yang dibuat perusahaan tersebut. Sebab itu analis harus menentukan pendapatan yang sebenarnya berdasarkan basis pendapatan sebenarnya dari proyeksi perkembanganya. Semua yang dapat diterima pemegang saham adalah pembagian atau pendapatan modal.


















KESIMPULAN

Perusahaan pertamina bergerak dalam usaha memfasilitasi, melayani dan mensejahterahkan masyarakat indonesia yang mengurus terselenggaranya kelancaran arus bahan bakar minyak antar pulau dan Ekspor Impor guna meningkatkan kegiatan ekonomi pada umumnya dan kegiatan ekspor hasil bumi. Dalam merencanakan strategi yang akan dijalankan perusahaan harus diperhitungkan dan dianalisa apa-apa yang menjadi kekuatan kita, kelemahan, kesempatan apa yang dapat diraih serta ancaman yang mungkin akan terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar